Archives

  • Vol. 13, No. 1 (Juni 2022)

    Jurnal At Tanzir merupakan jurnal unggulan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Jurnal At Tanzir secara umum menjadi bagian pengembangan ilmu komunikasi, dan secara khusus diharapkan berkontribusi dalam mengembangkan teori dan mengenalkan konsep-konsep baru di bidang Komunikasi Islam, Studi Media, Serta Penyiaran Islam & Dakwah, baik dari hasil penelitian empiris, studi konseptual maupun analisis-reflektif dari para akademisi dan praktisi. Jurnal At-Tanzir terbit secara berkala dua kali dalam setahun (setiap bulan Juni dan Desember), dengan jumlah naskah untuk sekali terbitan berkisar 6 hingga 8 judul. Alhamdulillah, berkat dukungan segenap pihak, Jurnal ini telah Terakreditasi Sinta 5 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nomor 105/E/KPT/2022.

  • Vol. 12, No. 2 (Desember 2021)

    SALAM REDAKSI., Alhamdulillah kami segenap redaksi Jurnal At-Tanzir mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT, atas izinnya dapat menyuguhkan kembali delapan artikel pada: Volume 12 No. 2, Edisi Desember 2021. Topik Topik yang disajikan pada edisi ini meliputi: Artikel yang digarap oleh Khaisar Masrul & Ahmad Saiful Bahri yang menyorot tentang "Konsep Dakwah Bil Hal Dalam Majelis Taklim Dimasjid Al-Aminiyah Sudimara Pinang Kota Tangerang"; Artikel selanjutnya berjudul "Strategi Komunikasi Penyuluhan Pt. Agro Sinergi Nusantara Dalam Mensosialisasikan Perjanjian Kerja Bersama Terhadap Karyawan Kebun Ujung Lamie" di tulis oleh Cut Wita & Putri Maulina; Pada naskah selanjutnya, yang merupakan hasil kolaborasi dari Himayatul Azizah, dkk., yang mencermati tentang "A STUDY OF CLICKBAIT TITLES: Online Media Users Perspective"; Sedangkan Nurhasanah begitu resah membongkar geliat perilaku keagamaan pada kondisi terkini, dengan menyajikan ulasan dan analisis tentang "Transformasi Perilaku Keagamaan Di Era Media Baru 4.0"; Begitu juga dengan Junaidi & Siti Aisyah pada naskah lanjutan, ikut menyumbangkan analisisnya terkait "Analisis Framing Pemberitaan Covid-19 Di Aceh"; Kemudian artikel yang juga tidak kalah penting untuk dicermati bahasannya dalam ruang perspektif komunikasi adalah tentang "Communication Between Parents And Children With Special Needs With Autism In Understanding The Problem Of Worship" yang digarap oleh, Rivi Amali dkk., dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta; Dan naskah yang di tulis oleh Hamdani. AG menghasilkan rangkaian penjelasan dari hasil analisis dan kajiannya terkait dengan, "Dampak Siaran Televisi Terhadap Keutuhan Rumah Tangga Pasangan Usia Muda Di Aceh". Dan naskah terakhir, hasil diskusi Hijrah & Nurul Intan menghadirkan kajian dengan judul ”Dampak Negatif Pemanfaatan Aplikasi Tik-Tok Di Kalangan Remaja Desa Mata Ie Kabupaten Aceh Barat Daya”., sebagai penutup pada edisi kali ini. Semoga pembaca tertarik dengan berbagai naskah yang tersaji, dan kami juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada para penulis naskah, reviewer dan semua pihak yang terlibat dalam penerbitan edisi ini. Semoga suguhan yang tersaji di setiap lembar laman jurnal ini, dapat membawa manfaat bagi pembaca. Dan yang terakhir, untuk penerbitan volume mendatang kami mengharapkan partisipasi para pembaca maupun praktisi untuk turut serta menyajikan tulisan mengenai kajian-kajian yang berkaitan dengan aspek sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal At-Tanzir.

  • Vol. 12, No. 1 (Juni 2021)

    SALAM REDAKSI., Alhamdulillah, Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, atas berkat dan rahmatNya kami dapat kembali hadir untuk menyajikan artikel-artikel terkini pada Jurnal At Tanzir Volume 12 No. 1, Edisi Juni 2021. Tujuh artikel yang dimuat, telah diseleksi dan ditelaah oleh Dewan Editor dan Mitra Bestari (reviewer) yang kompeten. Topik Topik yang disajikan pada edisi ini meliputi: Artikel pertama ditulis oleh Hotna Sari & Heri Rahmatsyah Putra yang menyorot tentang "Kecenderungan Minat Mahasiswa Program Studi Komunikasi Dan Penyiaran Islam (Kpi) Terhadap Profesi Jurnalis"; Artikel kedua berjudul "Komunikasi Verbal Dan Nonverbal Pustakawan Dan Pemustaka Dalam Perspektif Komunikasi Islam" di tulis oleh Muhamad Bisri Mustofa, Siti Wuryan & Feni Meilani; Selanjutnya pada naskah ketiga yang merupakan hasil kolaborasi dari Miftahul Huda, Muhammad Ulin Nuha, Dewi Mashfufah, menyoroti isu tentang "Komunikasi Dakwah Kolaboratif Pemerintah Desa Melalui Kebijakan Publik"; Sedangkan Muhammad Amrillah begitu dalam untuk mencermati geliat aktor politik, dengan mengkaji pada artikel keempat tentang "Kiprah Tuan Guru Dalam Politik Lokal (Studi Peran Politik Tuan Guru Di Lombok Tengah)"; Begitu juga dengan Jon Paisal pada artikel kelima, ikut menyumbangkan analisisnya terkait "Peran Ulama Dalam Masyarakat Aceh Dari Masa Kemasa"; Kemudian artikel keenam, Mirra Saefunnissa dari IAIN Purwokerto, ingin mencermati "Aktivitas Pengelolaan Layanan Publik Berbasis Website Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Banyumas"; Dan pada naskah yang ketujuh hasil diskusi Kartini & Fachrur Rizha menghasilkan naskah yang terkait dengan, "Implementasi Amar Ma'ruf Nahi Munkar Dalam Kehidupan Sosial". Kami menyampaikan terimakasih kepada mitra bestari yang telah menelaah artikel secara substansial, sehingga menjaga kualitas artikel yang dipublikasikan. Dan ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada para penulis atas kepercayaan naskah yang telah dikirimkan dalam edisi kali ini. 

  • Vol. 11, No. 2 ( Desember 2020 )

    SALAM REDAKSI., Alhamdulillah Jurnal At Tanzir Volume 11, No. 2, Edisi Desember 2020, sebagai isu-isu lanjutan dari edisi sebelumnya, hadir dengan 7 (tujuh) tema kajian, yang meliputi: 9). Komunikasi Virtual Mahasiswa Dalam Perkuliahan Non Tatap Muka (Studi Pada Mahasiswa Kpi Iain Curup)10). Teologi Dan Media Sosial (Studi Analisis Konten Akidah Di WhatsApp Ditinjau Dari Perspektif Teologi Islam)11). Peran Da'i Desa Dalam Membina Masyarakat Desa Semelako 1 Di Kabupaten Lebong; 12). Analisis Pesan Dakwah Dalam Novel Layla Majnun13). Penafsiran Surat An-Nisa' Ayat 34 Tentang Kepimpinan Dalam Alquran; 14). Komunikasi Politik Singapura (Studi Terhadap Adaptasi Budaya); 15). Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Sebagai Referensi Pembelajaran Mahasiswa STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Terimakasih kami ucapkan kepada seluruh penulis atas kontribusi pada edisi ini. Selamat menikmati semua tema yang disajikan pada edisi ini, semoga dapat menjadi bahagian yang memantik berbagai diskusi yang mencerahkan dengan isu-isu senada. Kami mengharapkan masukan saran dan kritik demi penyempurnaan terbitan selanjutnya. 

  • Vol. 11, No. 1 (Juni 2020)

    SALAM REDAKSI., Pembaca yang budiman, Jurnal At Tanzir Volume 11, No. 1 Juni Tahun 2020, hadir kehadapan pembaca. kehadiran kali ini dimulai dengan mengangkat topik: 1). Persepsi Masyarakat Terhadap Kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM); 2). Social Media Marketing; Strategi Komunikasi Bisnis Era Digital (Studi Analisis Portal Tanifund.com); 3). Komunikasi Lemah Lembut Dalam Studi Hadits; 4). Komunikasi Dalam Membentuk Iklim Organisasi Di Lingkungan Kampus Universitas Islam Negeri (Uin) Ar-Raniry Banda Aceh; 5). Supervisi Akademik Berbasis Nilai-Nilai Islami Pada Sekolah Dasar Model Kota Banda Aceh (Suatu Analisis Humanisme Teosentris); 6). Pola Komunikasi Pengasuh Dan Anak Asuh Dalam Pengembangan Bakat Minat Di Sos Children's Village Desa Taruna Meulaboh Kabupaten Aceh Barat; 7). Komunikasi Yang Baik Untuk Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar; 8). Pendekatan Tafsir Maudhu'i Dalam Metode Dakwah; Redaksi mengucapkan terima kasih kepada para penulis yang telah berpartisipasi mengisi jurnal ini. Redaksi juga menunggu para penulis lain untuk mengisi Jurnal At-Tanzir edisi yang akan datang. 

  • Vol. 10, No. 2 (Desember 2019)

    Jurnal At Tanzir merupakan jurnal unggulan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Jurnal At Tanzir secara umum menjadi bagian pengembangan ilmu komunikasi, dan secara khusus diharapkan berkontribusi dalam mengembangkan teori dan mengenalkan konsep-konsep baru di bidang Komunikasi Islam, Studi Media, Serta Penyiaran Islam & Dakwah, baik dari hasil penelitian empiris, studi konseptual maupun analisis-reflektif dari para akademisi dan praktisi. Jurnal At-Tanzir terbit secara berkala dua kali dalam setahun (setiap bulan Juni dan Desember), dengan jumlah naskah untuk sekali terbitan berkisar 6 hingga 8 judul.

  • Vol. 10, No. 1 (Juni 2019)

    Jurnal At Tanzir merupakan jurnal unggulan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Jurnal At Tanzir secara umum menjadi bagian pengembangan ilmu komunikasi, dan secara khusus diharapkan berkontribusi dalam mengembangkan teori dan mengenalkan konsep-konsep baru di bidang Komunikasi Islam, Studi Media, Serta Penyiaran Islam & Dakwah, baik dari hasil penelitian empiris, studi konseptual maupun analisis-reflektif dari para akademisi dan praktisi. Jurnal At-Tanzir terbit secara berkala dua kali dalam setahun (setiap bulan Juni dan Desember), dengan jumlah naskah untuk sekali terbitan berkisar 6 hingga 8 judul.

  • Vol. 9, No. 2 (Desember 2018)

    Tersedia Online Tanggal 25 Januari 2018

    Jurnal At Tanzir merupakan jurnal unggulan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Jurnal At Tanzir secara umum menjadi bagian pengembangan ilmu komunikasi, dan secara khusus diharapkan berkontribusi dalam mengembangkan teori dan mengenalkan konsep-konsep baru di bidang Komunikasi Islam, Studi Media, Serta Penyiaran Islam & Dakwah, baik dari hasil penelitian empiris, studi konseptual maupun analisis-reflektif dari para akademisi dan praktisi.

  • Vol. 9, No. 1 (Juni 2018)

    Tersedia Online Tanggal 25 Januari 2018

    Jurnal At Tanzir merupakan jurnal unggulan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Jurnal At Tanzir secara umum menjadi bagian pengembangan ilmu komunikasi, dan secara khusus diharapkan berkontribusi dalam mengembangkan teori dan mengenalkan konsep-konsep baru di bidang Komunikasi Islam, Studi Media, Serta Penyiaran Islam & Dakwah, baik dari hasil penelitian empiris, studi konseptual maupun analisis-reflektif dari para akademisi dan praktisi.

  • Vol. 8 No. 2 (Desember 2017)

    Tersedia Online Tanggal 25 Januari 2018

    Jurnal At Tanzir merupakan jurnal unggulan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Jurnal At Tanzir secara umum menjadi bagian pengembangan ilmu komunikasi, dan secara khusus diharapkan berkontribusi dalam mengembangkan teori dan mengenalkan konsep-konsep baru di bidang Komunikasi Islam, Studi Media, Serta Penyiaran Islam & Dakwah, baik dari hasil penelitian empiris maupun analisis-reflektif dari para akademisi dan praktisi.

  • Vol. 8 No. 1 (Juni 2017)
    Tersedia Online Tanggal 25 Januari 2018

    Jurnal At Tanzir merupakan jurnal unggulan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Jurnal At Tanzir secara umum menjadi bagian pengembangan ilmu komunikasi, dan secara khusus diharapkan berkontribusi dalam mengembangkan teori dan mengenalkan konsep-konsep baru di bidang Komunikasi Islam, Studi Media, Serta Penyiaran Islam & Dakwah, baik dari hasil penelitian empiris, studi konseptual maupun analisis-reflektif dari para akademisi dan praktisi.